Senin, 24 November 2014

RINGKASAN EKSEKUTIF RAK 2014

kespeltbhn-Permasalahan kesehatan yang berkembang dan menjadi isu strategis pada banyak Negara adalah perubahan iklim yang mempengaruhi perubahan pola penyakit termasuk penyebarannya. Dan semakin komplek seiring dengan perkembangan teknologi transportasi yang menyebabkan kecepatan waktu tempuh perjalanan antar Negara melebihi masa inkubasi penyakit. Kondisi ini memperbesar risiko masuk dan keluarnya penyakit menular (emerging infectious diseases) dan munculnya penyakit new-emerging infectious diseases dan re-emerging infectious diseases, ketika traveller memasuki pintu masuk Negara gejala klinis penyakit belum muncul.

Perkembangan masalah dan berbagai kecenderungan pembangunan kesehatan tergambar dalam rencana pembangunan kesehatan ke depan, serta realisasi pelaksanaan pembangunan kesehatan sebelumnya, semua tertuang dalam rencana strategis pembangunan kesehatan. Dengan ditetapkan Visi Pembangunan Kesehatan yang diharapkan lebih realitis untuk pencapaiannya yaitu “Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan”, dengan Misi, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat termasuk swasta dan masyarakat madani, melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang paripurna, merata, bermutu, dan berkeadilan, menjamin sumber daya kesehatan, menciptakan tata kelola kepemerintahan yang baik dan berkeadilan.


Pada rancangan RPJM bidang kesehatan tahun 2010-2014, Program Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai sasaran menurunnya angka kesakitan, kematian dan kecacatan akibat penyakit. Program PP&PL dengan kegiatan prioritas adalah Pembinaan Surveilens Epidemiologi, Imunisasi, Kesehatan Matra, Karantina Kesehatan & Kesehatan Haji, Kegiatan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kegiatan Pencegahan Penyakit dan Faktor Risiko (Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang), Kegiatan Penyehatan Lingkungan dan Kegiatan Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Pelabuhan, bandara, dan lintas batas darat merupakan tempat kedudukan Kantor Kesehatan Pelabuhan, adalah kawasan tersendiri yang memiliki karakteristik specific sebagai kawasan terbatas (ring bewaking), pintu masuk lalu lintas orang / barang  (show windows)  dan first contact bagi para pengunjung ke wilayah / Negara, tempat kegiatan ekonomi, industry dan naik turun penumpang, serta tempat kapal, pesawat bersandar/berlabuh.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang Organisasi dan  Tata kerjanya ditetapkan berdasarkan Permenkes RI No. 356/Menkes/Per/IV/2008, merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan yang berada dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, mempunyai tugas melaksanakan pencegahan masuk dan keluarnya penyakit, penyakit potensial wabah, Surveilens Epidemiologi, kekarantinaan, pengendalian dampak kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan, pengawasan OMKABA, serta pengamanan terhadap penyakit baru dan penyakit yang muncul kembali, bioterorisme, unsure biologi, kimia dan pengawasan radiasi di wilayah bandara, pelabuhan dan pos lintas batas darat Negara.

Tugas dan Fungsi KKP esensinya adalah melakukan cegah tangkal penyakit di pelabuhan baik pada orang, lingkungan  pelabuhan dan alat angkut serta muatannya. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya diperkuat dengan dasar hukum yang lain seperti, UU No. 1 /1962, tentang Karantina  Laut, UU No. 4 /1984, tentang Wabah Penyakit Menular, UU No. 36/2009, tentang Kesehatan dan International Health Regulation 2005.

Sejalan dengan karakteristik pelabuhan, serta globalisasi penyakit menular, maka KKP kelas III Tembilahan dalam menjalankan TUPOKSI di pintu masuk /gerbang Negara mengacu pada satu program yaitu Program Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, dengan indikator kinerja tahun 2010 s/d 2014 adalah terkendalinya seluruh kondisi potensial untuk melakukan cegah tangkal penyakit di pelabuhan, bandara dan pos lintas batas darat Negara.

Strategi untuk mencapai sasaran serta tujuan yang telah ditetapkan dalam rangka Rencana Aksi Program (RAP) dan Rencana Aksi Kegiatan (RAK) program PP&PL di pintu masuk/gerbang Negara untuk KKP kelas III Tembilahan, dilaksanakan sesuai skala prioritas. Strategi yang dilakukan adalah, meningkatkan upaya kekarantinaan, mengefektifkan surveilans epidemiologi, meningkatkan upaya sanitasi dan dampak risiko lingkungan, meningkatkan upaya pemberantasan vektor dan binatang penular penyakit, meningkatkan upaya kesehatan dan lintas wilayah, meningkatkan kemampuan SDM, melengkapi sarana dan prasaran, meningkatkan koordinasi, kemitraan dan jejaring kerja, melaksanakan promosi  kesehatan serta memperkuat instalasi.

Program Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan untuk KKP kelas III Tembilahan, berupa dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya, disusun dalam RAK untuk tahun 2014.

RAK kegiatan pengendalian karantina dan Surveilens epidemiologi berupa, SE kegawatdaruratan, SE pada situasi khusus, SE PHEIC, jejaring kerja dan kemitraan, pelatihan teknis kekarantinaan & SE, pengawasan kedatangan kapal dalam karantina, pengamanan tindakan karantina, pengawasan pemeriksaan kapal dalam rangka penerbitan dokumen SSCEC dan pengawasan OMKABA.

RAK kegiatan Pengendalian Risiko Lingkungan berupa, sanitasi dan dampak risiko lingkungan yaitu, pengawasan air bersih/air minum, pengawasan tempat pengelolaan makanan, pengawasan penyedia bahan makanan & minuman (levaransir), pengawasan hygiene sanitasi gedung dan bangunan, pengawasan pencemaran udara, air dan tanah, pemetaaan factor risiko vector dan binatang penular penyakit di perimeter dan buffer, pengendalian dan pemberantasan tikus dan pinjal, pengendalian dan pemberantasan lalat, pengendalian dan pemberantasan kecoa, pengendalian dan pemberantasan jentik dan nyamuk, , penyelenggaraan system kewaspadaan dini factor risiko lingkungan, pada situasi khusus, bencana & matra, penyelenggaraan factor risiko kesehatan haji embarkasi dan debarkasi, pengawasan fektor risiko lingkungan kerja, pengawasan hygiene alat angkut, pengawasan tindakan penyehatan alat angkut, penyelenggaraan teknologi tepat guna vector dan binatang penular penyakit dan sanitasi lingkungan, kajian dan pengembangan teknologi pengendalian risiko lingkungan.

RAK kegiatan kesehatan lintas wilayah berupa, pencegahan dan pelayanan kesehatan, promosi dan sosialisasi penyakit tidak menular,penyakit menular, pengawasan persediaan obat/ P3K di kapal, pengawasan kesehatan ABK/nahkoda, pengujian kesehatan penjamah makanan, pengembangan teknologi program pencegahan dan pelayanan kesehatan, screening/penemuan kasus penyakit tidak menular, penyakit menular, kesehatan matra dan lintas wilayah, pelayanan kesehatan terbatas, pelayanan rujukan & gawat darurat medic, pembinaan teknis poliklinik pelabuhan & wilayah kerja, pengembangan teknologi program kesehatan matra dan lintas wilayah, pengembangan jejaring kerja kemitraan, pengawasan kesehatan haji, pelatihan teknis bidang kesehatan, penyelenggaraan pelayanan kesehatan.


RAK Tata Usaha berupa, urusan keuangan dan umum, pembayaran gaji,operasional perkantoran, langganan daya dan jasa, pembinaan PNBP wilker, pembinaan kepegawaian, administraIs, keuangan, pertemuan teknis program, pengelolaan SAI, dokumen penggadaan, penyusunan laporan akuntabilitas instansi pemerintah, laporan tahunan, pendidikan & pelatihan, peningkatan SDM, pemeliharaan & perbaikan kendaraan opersional, gedung, inventaris kantor, penyusunan dan perencanaan program, penyusunan penetapan kinerja, penyusunan profil dan penyusunan tata hubungan kerja.

RAK program di pintu masuk Negara di Pelabuhan Tembilahan merupakan dokumen perencanaan yang memuat program dan kegiatan yang akan dilaksanakan  masing-masing seksi di lingkungan KKP kelas III Tembilahan untuk Tahun  2014.

Dengan disusunnya RAK KKP kelas III Tembilahan Tahun 2014, maka diharapkan dapat menjadi acuan dan pedoman dalam pelaksanaan program dan kegiatan sesuai TUPOKSI, dengan harapan pelaksanaannya dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam rangka pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan khususnya dan pembangunan kesehatan umumnya ke arah kesejahteraan masyarakat.

Untuk RAK selengkapnya bisa di download pada link berikut, http://downloads.ziddu.com/download/24538242/RAK-2014.rar.html 
Data RKT dan Tapkin bisa download di sini 

Semoga bermanfaat bagi kita bersama.bdt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar