Minggu, 04 Mei 2014

Tujuh Anjuran Kesehatan Bagi Jama''ah Umroh


kespeltbhn - Menyebarnya penyakit Midle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) yang dikabarkan mulai menyerang Amerika Serikat menjadi pelajaran penting.

Penyakit ini memang dibawa dari wilayah jazirah Arab, meski belakangan mulai tersebar ke Asia, Eropa, hingga Amerika Serikat.
Oleh sebab itu  bagi jama'ah umroh yang akan melakukan ibadah umrah atau akan pergi ke Jazirah Arab mesti mengikuti tujuh anjuran kesehatan. Tujuannya supaya terhindar dari penyakit Corona Mers. 

Adapun ke-tujuh anjuran tersebut seperti yang disampaikan oleh Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) adalah sebagai berikut :

1. Selalu menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), yaitu makan bergizi, istirahat cukup, dan sebagainya. Hal ini penting karena penyakit timbul karena ketidakseimbangan antara kekebalan tubuh, interaksi sekitar, dan faktor lingkungan.

2. Rajin dan sering melakukan cuci tangan dengan sabun (CTPS), yang secara ilmiah sudah terbukti dapat mencegah penularan penyakit.

3. Sedapat mungkin gunakan masker bila sedang dalam kerumunan orang saat berada di sana.

4. Bila memang punya penyakit kronik seperti diabetes, penyakit jantung-paru kronik, gangguan ginjal, atau penyakit kronik lain, sebaiknya melakukan cek ke dokter sebelum bepergian ke jazirah Arab. Jangan lupa selalu menggunakan obat secara teratur.

5. Selama berada di Arab, bila ada keluhan batuk, demam, sesak, dan lainnya dalam waktu cepat, yaitu satu hingga dua hari justru lebih memburuk, sebaiknya segera konsultasikan kepada petugas kesehatan.

6. Bila dalam kurun waktu 14 hari sampai di Tanah Air mengalami keluhan batuk-batuk, demam, sesak yang cepat dalam satu sampai dua hari memburuk, segera konsultasikan kepada petugas kesehatan. Beri tahu segera ketika berkunjung ke puskesmas, dokter, atau rumah sakit bahwa Anda baru kembali dari Arab

7. Karena situasi mengenai penyakit MERS CoV ini mungkin saja berubah dari hari ke hari, bila memang ada rencana umrah atau bepergian ke jazirah Arab, selalu ikuti berita akurat mutakhir tentang perkembangan virus penyakit ini.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.bdt
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar