Senin, 01 Agustus 2022

AREA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

 A.   Standar Pelayanan

1.    Terdapat kebijakan standar pelayanan kegiatan ini telah dilengkapi dengan data dukung:

a) 12 standar pelayanan yang ditetapkan sesuai karakteristik unit kerja/pelayanan dan sudah di tanda tangani oleh Kepala Kantor, yaitu:

1)     Standar Pelayanan Vaksin Meningitis

2)     Standar Pelayanan vaksnasi Yellow Fever

3)     Standar Pelayanan izin angkut orang sakit

4)     Standar Pelayanan izin angkut Jenazah 

5)     Standar Pelayanan keterangan pengujian kesehatan/KIEUR

6)     Standar Pelayanan P3K Kapal

7)     Standar Pelayanan penerbitan dokumen ICV

8)     Standar Pelayanan SSCEC

9)     Standar Pelayanan OMKABA

10)  Standar Pelayanan PHQC

11)  Standar Pelayanan COP

12)  Standar Pelayanan Buku Kesehatan Kapal

b)  Standar pelayanan telah dimaklumatkan dan telah dipublikasikan baik secara offline di ruang pelayanan yang ada dikantor induk dan wilker. Dan secara online di blogspot, instagram dan facebook.

c)  Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan data dukung yang berasal dari:

1)  Masukan hasil SKM, pengaduan masyarakat dan sesuai perubahan kondisi peraturan pemerintah yang berlaku.

2)  Dimana setiap penanggung jawab kegiatan mengirimkan data capaian kinerja setiap 6 bulan sekali untuk dilakukan monitoring

d)  Telah dilakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan melalui media online (blogspot, instagram dan facebook) dan media offline (di ruang pelayanan).

 

B.   Budaya Pelayanan Prima

1.  Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima.

Data Dukung :

a)  Dilakukan kepada seluruh pegawai dan dijadwalkan.

b)  Pada bulan Agustus 2019 telah dilakukan sosialisasi budaya pelayanan prima dan pada tahun 2020-2021 telah dilakukan bimbingan teknis peningkatan kualitas pelayanan publik bagi tenaga pelayanan.

2.  Informasi pelayanan mudah diakses melalui berbagai media 

Data Dukung :

a)     Instagram, facebook, sinkarkes, SIPP dan Blogspot.

b)    Call Centre : 082390442368

3.  Telah terdapat sistem pemberian Reward dan Punishment bagi petugas pemberi layanan dan Kompensasi bagi penerima layanan yang dilakukan setiap semester.

Data Dukung :

a)  Penerima reward periode semester I 2022 :

1)  ASN : Salahuddin

2)  PPNPN : Atika Nurfajrina

b)  Kompensasi layanan : Permohonan Maaf dari petugas pelayanan jika pelayanan yang diberikan tidak sesuai standar pelayanan

4.  Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi yaitu pelayanan terpadu satu pintu.

Data Dukung :

a)  Meja 1     : meja pendaftaran

b)  Ruang 2  : pemeriksaan kesehatan (pelayanan KLW), Ruang Kekarantinaan     (PKSE) untuk layanan kekarantinaan.

c)  Meja 3     : pembayaran billing yang terintegrasi dengan aplikasi SIMPONI

d)  Meja 4     : Penyerahan Dokumen

5.  Inovasi Pelayanan.

Data Dukung :

a)     e-Screening Penapisan Vaksinasi International.

b)     Aplikasi SIKELAPA (Sistem Informasi Kinerja Layanan Publik dan Administrasi)

c)      Aplikasi SIPETA (Sistem Informasi Penerimaan Tamu)

 

C.   Pengelolaan Pengaduan

1)  KKP Kelas III Tembilahan memiliki media pengaduan dan konsultasi layanan yang telah terintegrasi dengan SP4N  LAPOR!

2)  Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan  

Data Dukung :

Pada tanggal 12 Maret 2022 telah di bentuk Tim pengelola SP4N LAPOR yang tercantum dalam SK.

Pada tanggal 28 Maret 2022 dibuat permohonan user/pic SP4N LAPOR KKP Kelas III Tembilahan dan pada tanggal 01 April akun SPAN LAPOR telah di aktivasi. 

3)  Telah dilakukan evaluasi

D.   Penilaian Kepuasan Terhadap Layanan

1)   Telah dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap layanan

Data Dukung:

Dilakukan secara berkala ( 3 periode dalam 1 tahun) melalui aplikasi SIPP (Sistem Informasi Pelayanan Publik)

2)   Hasil Kepuasan Masyarakat Dapat Diakses Secara Terbuka.

Data Dukung:

Melalui media papan pengumuman ruang pelayanan, blogspot, instagram dan facebook.

3)   Telah dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat

Data Dukung :

Dilakukan secara berkala.

     

E.   Pemanfaatan Teknologi Informasi

1)      Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan layanan. 

Data Dukung :

Aplikasi SINKARKES, Penapisan Vaksinasi Internasional (e-screening), SIMPONI  dan Aplikasi SIKELAPA

 2)      Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi   

Data Dukung:

Database pelayanan masih terintegrasi ke SINKARKES dan SIMPONI

 3)      Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus

Data Dukung: 

Aplikasi SIKELAPA dilakukan pengembangan dan perbaikan secara terus menerus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar